Terbaru

6 Tempat Pesugihan Paling Terkenal di Jawa [Bagian 1]

Kondisi keuangan yang sulit, kadang membuat seseorang menjadi gelap hati. Pada saat seperti itu, tawaran pesugihan yang cepat dan mudah terlihat sangat menggiurkan. Tempat-tempat keramat yang sebenarnya peninggalan orang-orang suci pun dijadikan ajang transaksi dengan makhluk gaib. Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Enam Tempat Pesugihan Terkenal di Jawa

1. Gunung Srandil, Cilacap

Gunung Srandil yang terletak di Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah ini menyimpan banyak kisah dan mitos. Selain dipercaya sebagi petilasan tokoh-tokoh sejarah seperti Kunci Sari dan Dana Sari yang merupakan pengikut pangeran Diponegoro, gunung ini juga diyakini menjadi petilasan tokoh-tokoh mitologis Jawa, seperti Hanoman dan Eyang Semar.
Menurut legenda yang berkembang, orang pertama yang tinggal di gunung ini adalah Sultan Mukhriti putra kedua dari Dewi Sari Banon Ratu Sumenep Jawa Timur . Namun menurut cerita lain, yang pertama menempati adalah Kunci Sari dan Dana Sari.
Adapun petilasan-petilasan yang ada di Gunung Srandil adalah Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Kaki semar Tunggul Sabdojati Dayo amongrogo, Juragan Dampo Awang, Kanjeng Gusti Agung Akhmat atau Petilasan Langlang Buwana yang berada diatas bukit dan petilasan Hyang Sukma Sejati.
Para pencari berkah biasa datang ke gunung ini dengan membawa berbagai sesajen, baik berupa bunga-bungaan, hingga sembelihan seperti ayam atau kambing. Saat ini di Gunung Srandil berdiri sebuah padepokan kejawen yang mencoba membersihkan nama Gunung Srandil dari image tempat pesugihan

0 Response to "6 Tempat Pesugihan Paling Terkenal di Jawa [Bagian 1]"

Perhatian!
Silahkan berkomentar dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.