Latest News

Inilah 5 Minuman Es Paling Populer Di Indonesia


Inilah 5 Minuman Es Paling Populer Di Indonesia - Sahabat Membongkar Fakta kali Ini Akan Ane Share 5 Minuman Es Paling Populer Di Indonesia langsung aja ya gan, Minuman es memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Terlebih di musim kemarau, minuman es mampu menghilangkan dahaga dan panas yang menyengat. Sebenarnya ada berbagai macam menu minuman es di Indonesia. Namun ada lima yang paling populer, yaitu es cendol, es teler, es campur, es podeng dan es kopyor.

Es Cendol

"es cendol"
Es cendol adalah minuman yang terbuat dari tepung beras. Perpaduan santan dan gula merah yang terdapat di es cendol menjadikan rasa minuman tersebut manis dan gurih. Konon katanya, nama cendol berasal dari kata jendol. Hal ini mungkin disebabkan karena ada sensasi jendolah yang dirasakan tatkala mengkonsumsi minuman ini. Meskipun masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur mengenal kata jendol, namun minuman ini lebih dikenal dengan nama es dawet.
Es cendol diolah dari tepung beras yang diberi pewarna hijau. Adonan kemudian dicetak melalui sebuah saringan khusus sehingga dihasilkan butiran-butiran yang khas. Pada mulanya warna hijau yang ada pada es cendol berasal dari daun pandan. Namun lama kelamaan daun pandan diganti dengan pewarna makanan.

Es Teler

"es teler"
Meskipun mengandung kata teler, namun minuman ini tidak bisa membuat teler karena tidak mengandung alkohol.Es teler sebenarnya adalah ramuan koktail buah yang diciptakan oleh Murniati Widjaja. Es teler berisi cincau, kelapa muda, alpukat, nangka serta buah-buahan lainnya. Buah-buahan tersebut disajikan dengan susu kental manis, santan, gula garam dan yang membuatnya khas adalah sirup cocopandan. Di beberapa daerah sirup cocopandan diganti dengan sirup pisang ambon.

Es Campur

"es campur"
Es campur sebenarnya mirip dengan es teler. Namun isinya lebih beragam. Pada umumnya es campur berisi alpukat, roti, kelapa muda, jelly atau agar-agar, serta kolang-kaling,dan  tape.

Es Podeng

"es podeng"
Menu es podeng sangat dicari ketika bulan puasa. Salah satu menu penyegar untuk buka puasa adalah es podeng. Nama es podeng berasal dari bahasa Madura yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti putar atau puter. Itulah sebabnya di beberapa wilayah Indonesia es podeng lebih dikenal dengan nama es putar atau es puter.Sahabat membongkarfakta.blogspot.com Meskipun saat ini sudah muncul beragam es krim modern, namun es podeng tetap memiliki tempat di hati masyarakat. Tak heran beberapa perusahaan es krim ternama memproduksinya dalam kemasan yang mudah dibawa dengan berbagai varian rasa.

Es Kopyor

"ES KOPYOR"
Kopyor sebenarnya merupakan olahan dari kelapa. Rasa es kopyor adalah manis dan segar. Cukup banyak varian es kopyor. Namun yang paling umum adalah kopyor diberi es dan dicampur dengan jelly serta sirup. Minuman ini juga sering dijadikan menu wajib tatkala berbuka puasa.

Informasi Inilah 5 Minuman Es Paling Populer Di Indonesia Berdasarkan Sumber NutrsiJiwa.com dan di Informasikan Kembali Oleh membongkarfakta.blogspot.com

0 Response to "Inilah 5 Minuman Es Paling Populer Di Indonesia"