Jumat, 21 Februari 2014

Alasan WhatsApp Mau Dibeli Facebook Dari Pada Google

Sebelum resmi mengakuisisi WhatsApp, ternyata Facebook sempat mendapat pesaing yang tak kalah kuat. Google diketahui juga sempat tertarik untuk membeli WhatsApp dan bahkan telah melakukan penawaran.

Seperti dikutip dari liputan6.com, penawaran yang diajukan Google angkanya tidak sebesar yang ditawarkan Facebook. Sumber yang dirahasiakan identitasnya kepada Fortune menyebutkan, perusahaan raksasa mesin pencarian tersebut menawar WhatsApp dengan harga yang lebih rendah yakni USD 10 miliar atau Rp 118,2 triliun.

Selain penawaran yang lebih kecil, kabarnya Google tidak menawarkan jabatan apapun untuk CEO WhatsApp Jan Koum pasca akuisisi. Sementara Facebook menawarkan jabatan dewan direksi kepada Koum.

The Information mengabarkan penawaran yang dilakukan Google sebenarnya telah dilakukan tahun lalu. Jika kata sepakat terjalin kala itu, Google bersedia melakukan pembayaran secara tunai.

Belum diketahui secara pasti alasan apa yang kemudian melatar belakangi pihak WhatsApp menolak penawaran tersebut.

Dalam penjelasan yang dirilis secara resmi kemarin, CEO Facebook Mark Zuckerberg hanya mengatakan Facebook tengah berupaya menghubungkan 1 miliar pengguna menggunakan aplikasi pesan instan kenamaan tersebut. Seperti diketahui hingga saat ini WhatsApp memiliki 450 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia.

Pasca akusisi, Koum menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah dan WhatsApp akan tetap fokus pada pertumbuhan pengguna meski nantinya akan mengejar bisnis. Senada dengan petinggi Koum, Zuckerberg juga menyatakan Facebook tidak akan menjalankan iklan di WhatsApp.

Untuk diketahui, perusahaan jejaring sosial terbesar dunia, Facebook telah membeli penyedia layanan pesan instan populer, WhatsApp dengan nilai USD 19 miliar atau sekitar Rp 223 triliun (kurs $1 = Rp 11.750).

Pembelian WhatsApp merupakan langkah besar terbaru yang dilakukan Facebook setelah sebelumnya membeli jejaring sosial berbagi foto Instagram. Selain itu, nilai pembelian WhatsApp oleh Facebook jauh lebih besar daripada penawaran USD 3 miliar yang diberikan perusahaan itu ketika menawar Snapchat tahun lalu.

Pembayaran yang dilakukan Facebook atas pembelian WhatsApp tentunya tak menggunakan uang tunai secara keseluruhan.

Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu membayar dengan uang tunai sebesar USD 4 miliar dan USD 12 miliar dengan saham Facebook di lantai bursa. Selain itu ada pula pembayaran tambahan sebesar USD 3 miliar berupa saham terbatas yang diberikan untuk pendiri WhatsApp beserta sejumlah karyawannya.

Harga pembelian gila-gilaan perusahaan dengan 55 orang karyawan ini cukup menarik perhatian. Sebab nilai pembeliannya setara dengan gabungan nilai perusahaan besar seperti United Continental, American Airlines, Ralph Lauren, Marriot International, Campbell Soup, Coach dan Tyson Food.

Menurut hitungan para analis, Facebook memberi nilai untuk tiap pengguna WhatsApp sebesar USD 42. Dari laporan terakhir yang diungkap perusahaan, WhatsApp telah memiliki lebih dari 450 juta pengguna di seluruh dunia dan terus bertambah.

Advertiser