Minggu, 23 Februari 2014

Ciri-ciri "Penjual Penipu" di Situs Jual Beli Online

Pernahkah Anda membeli barang di situs Jual Beli Online? Buat kamu yang suka membeli barang secara online pasti tidak asing dengan Tokobagus.com dan Berniaga.com yang merupakan situs jual beli terpopuler di Indonesia.

Namun diantara kita mungkin pernah mengalami pengalaman pahit saat membeli barang di situs tersebut, karena pernah ditipu oleh penjual "penipu".

Nah, agar tidak menjadi korban penipuan oleh penjual penipu di situs jual beli seperti Tokobagus.com dan Berniaga.com, inilah ciri-ciri umum penjual penipu di situs jual beli, seperti dikutip dari blopress.com.

1. Profil pengguna baru saja dibuat, hanya dalam hitungan hari dari waktu tayang iklan.

2. Harga yang ditawarkan sangat tidak wajar, jauh dibawah harga pasaran. Misalnya kamera yang harga pasaranya 8 juta hanya ditawarkan 3-4 juta saja.

2. Memberikan deskripsi hanya copy paste dari spesifikasi kamera yang tersedia di toko kamera online atau web resmi merk kamera.

3. Foto-foto yang diberikan hanya mencari di internet

5. Pada iklan tertulis melayani COD (cash on delivery), namun harus transfer uang yang tak sedikit sebelum COD dan dipastikan akan kabur setelahnya. Saya mengetahui hal ini dari sharing pengalaman orang di forum kaskus.

6. Menawarkan produk yang sama dibanyak wilayah.

7. Profil akan segera dihapus setelah berhasil melakukan penipuan.

8. Verified member tidak 100% jaminan penjual bisa dipercaya. Telusuri dulu rekam jejaknya di jagad maya.

Waspadalah penjual penipu di situs jual beli online! Sebaiknya jangan tergiur dengan produk yang ditawarkan oleh dengan harga yang tidak wajar.

Advertiser