Kamis, 27 Maret 2014

Mahasiswa Korut Wajib Meniru Gaya Rambut Kim Jong-un

Sudah jadi pengetahuan umum, Pemerintah Korut mengatur kehidupan warganya dengan ketat, bahkan sampai urusan potong rambut juga diatur oleh undang-undang. Pyongyang memperkenalkan UU baru soal potongan rambut dua minggu lalu, dimana para mahasiswa Korea Utara diharuskan mencukur rambut mereka meniru sang pemimpin, Kim Jong-un.

Beberapa tahun lalu, pemerintah Korut meluncurkan kampanye patriotik melawan kejahatan rambut panjang. Dengan judul, "Mari memangkas rambut kita sesuai dengan gaya hidup sosialis".

Seperti kutip dari liputan6.com , Kamis (27/3/2014), kunjungan ke salon diawasi ketat para polisi rahasia. Siapapun harus taat dan patuh mengikuti gaya rambut yang ditetapkan negara, 10 untuk pria, 18 untuk perempuan.

Tapi sekarang, khusus mahasiswa pria, mereka harus semirip mungkin dengan pemimpin tertinggi Kim Jong-un.

Gaya rambut Kim Jong-un - dua sisi dipangkas tipis, dengan bagian tengah lebih tebal lebih militeristik daripada ayahnya, Kim Jong-il. Gaya rambut Kim senior yang mekar, plus sepatu berhak tinggi yang ia pakai, disebut-sebut merupakan upaya untuk membuatnya terlihat lebih tinggi.

Menurut mantan penduduk Pyongyang sekarang tinggal di China, gaya rambut Kim Jong-un sebenarnya tidak populer karena menyerupai gaya 'penyelundup China'.  "Sampai pertengahan 2000-an , kami menyebutnya ' potongan rambut penyelundup China," kata sumber itu kepada Korea Times. Kini semua mahasiswa justru harus menirunya.

Jika aturan tersebut benar adanya, kewajiban memotong rambut mirip Kim Jong-un bertentangan dengan kebijakan sang pemimpin yang lain. Awal tahun ini ia memutuskan bahwa wanita Korea Utara akan diizinkan untuk memakai celana, sepatu bersol tebal, dan bahkan anting-anting.

Advertiser