Senin, 03 Maret 2014

Din Syamsuddin: Wudhu' 3 Kali di Keran itu Dilarang

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan berwudhu di keran sebanyak tiga kali tidak boleh, karena hal itu merupakan pemborosan terhadap air.

Menurut dia, sesuatu yang menunjukkan pemborosan dilarang agama. "Seharusnya, berwudhu di keran itu cukup satu kali saja, tidak perlu sampai tiga kali. Kan tidak ada hukumnya wudu sampai tiga kali itu," ungkap Din saat membuka Musyawarah Nasional Majelis Tarjih Muhammadiyah ke 28 di Palembang, Jumat (28/2/2014), seperti dikutip dari merdeka.com
Tak sebatas itu saja, Din juga menyebut menolak ajaran agama yang mengharuskan setiap muslim berwudu di air yang tergenang meski sudah memenuhi dua kula.

Menurut dia, air yang tidak mengalir tersebut bisa jadi terdapat penyakit dan kuman-kuman yang berbahaya bagi kesehatan manusia. "Kalau sudah begitu, mending saya tayamum saja. Karena air wudu di dalam tempat yang tergenang meski dua kula pasti menyimpan penyakit," ucapnya.

Selain menyoroti hal diatas, Din juga menyatakan haram terhadap air mineral kemasan. [Baca: Din Syamsudin: Bagi Saya, Air Mineral Kemasan Itu Haram]

Advertiser