Selasa, 08 April 2014

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Kamu Berteman dengan Rekan Kerja di Facebook

Cahgalek.com - Apakah kamu berteman dengan reken kerja di sosial media seperti Facebook dan Twitter? Jika sudah beteman, akan timbul obrolan antar rekan kerja yang membahas hal-hal lain selain pekerjaan.

Memang Persahabatan atau pertemanan merupakan hal yang digemari oleh semua orang. Namun, jika kamu bertemen dengan rekan kerja di media sosial ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Inilah 5 hal yang perlu kamu perhatikan bila berteman dengan rekan kerja di media sosial, seperti dikutip dari klikseru.com

1. Jangan Berlebihan

Jangan berlebihan menjelaskan situasi. Aturan praktis ketika posting melalui media sosial adalah harus konservatif. Kamu, sebagai karyawan, mesti teliti di titik mana perbincangan atau posting harus dihentikan. Jika terlalu berlebihan, rekan kerja akan menganggap kamu over dan kamu akan dijauhi oleh teman-teman anda.

2. Bila sudah berteman dengan Atasan

Pada umumnya ada dua alasan jika karyawan berteman dengan atasan di kantor. Pertama, hubungan komunikasi dan kedekatan akan semakin erat. Kedua, atasan akan menilai kepribadian kamu lewat Media Sosial.

Hati-hatilah jika ingin menuliskan atau memasukan foto ke dalam halaman Facebook. Hindari membagikan hal-hal pribadi di halaman Facebook. Namun demikian, sebetulnya Facebook jugu bisa digunakan sebagai akses komunikasi yang singkat dan universal untuk pembagian informasi, sehingga karyawan lain juga bisa melihatnya.

3. Hindari Perbincangan Kontroversional

Usahakan menjaga komentar untuk hal-hal yang sensitif, seperti diskusi tentang topik politik, agama, dan sosial. Apabila kamu tidak bisa memilih kata-kata yang tepat, sebaiknya hindari saja. Hal yang ditakutkan adalah komentar kamu dapat memicu pertengkaran atau reaksi negatif dari rekan kerja kamu.

4. Minimalisir Terpancing Emosi

Bukan tidak mungkin media sosial menjadi pemicu kamu menjadi emosi jika dikaitkan dengan suatu masalah. Banyak pertengkaran sering diawali dari komentar di sosial media. Cara untuk menghindarinya, log out akun Facebook atau tutup komentar yang bisa membuat kamu emosi. Dan lebih baik diam.

5. Jawablah dengan Empati dan Sopan

Tunjukkanlah juga rasa empati kamu jika mengetahui berita duka. Ungkapkan perasaan kamu dengan memilih kata-kata yang sopan. Hal ini bisa mencerminkan diri kamu sebagai orang yang peduli dan sopan, tidak perlu menggunakan kata-kata kiasan. Dengan demikian, pandangan rekan kerja pada Anda atau atasan bisa lebih positif.

Nah, itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan bila berteman dengan rekan kerja di media sosial.

Advertiser