Selasa, 22 April 2014

5 Negara dengan Belanja Militer Terbesar di Dunia

Cahgalek.com - Kekuatan militer tak lepas dari persenjataan yang dimiliki masing-masing negara. Dan tentunya Negara-negara besar dunia mempunyai kekuatan militer yang kuat.

Seperti dilansir dari data terbaru Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) Military Expenditure Database, tren belanja di dunia militer meningkat sejak tahun 2013. Secara keseluruhan ada 15 negara yang masuk ke dalam data SIPRI yang dirilis pertengahan April 2014 tersebut.

Data dari SIPRI ini merupakan pengeluaran belanja militer negara secara keseluruhan melalui penghitungan di produk domestik bruto (PDB) yang didapatkan dari data resmi milik Dana Moneter Internasional (IMF). Data ini telah dikumpulkan sejak Oktober 2013 silam.

Berikut 5 Negara dengan Belanja Militer Terbesar di Dunia yang dikutip dari merdeka.com, Selasa (22/04/14):

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara yang melenggang di urutan pertama dari lima belas negara dunia lainnya yang paling banyak melakukan belanja militer.

Pada tahun 2013 lalu, Amerika menghabiskan dana sebanyak USD 640 miliar untuk berbelanja. Namun pengeluaran militer Amerika itu dinilai menurun sebanyak 7,8 persen secara riil pada tahun 2013 daripada data-data tahun sebelumnya.

Menurunnya pengeluaran belanja itu disebut-sebut erat kaitannya dengan Operasi Militer Kontijensi Amerika beberapa waktu lalu di Afghanistan dan Irak. Tampaknya Amerika harus fokus melakukan operasi militer dan sedikit menghemat pengeluarannya.

Amerika masih konsisten sejak tahun 2012, tetap berada di posisi teratas dari lima negara besar terkait besarnya pengeluaran untuk belanja militer.

2. China

China yang menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat, justru dianggap meningkat sebesar 7,4 persen dalam pengeluaran militernya dibanding tahun 2004. Negara ini menghabiskan dana sebesar USD 188 miliar selama tahun 2013.

Selain persoalan dana itu, China rupanya juga sudah dianggap lebih tegas dalam beberapa kurun waktu terakhir terkait perselisihan teritorial dengan Jepang di Laut China Timur dan dengan Filipina serta Vietnam di Laut China Selatan.

Masalah perselisihan teritorial itu dianggap menambah ketegangan militer China dan meningkatkan pengeluaran belanja militernya.

Sejak tahun 2012 silam, China juga tetap konsisten berada dalam nominasi negara dengan belanja militer terbesar setelah Amerika Serikat.

3. Rusia

Rusia yang berada di posisi ketiga ini belanja militernya meningkat sebesar 4,8 persen. Menurut SIPRI, beban militer Rusia sebenarnya sudah melebihi Amerika Serikat sejak 2003 silam.

Pengeluaran Rusia terus meningkat karena terus menerapkan negaranya untuk menjadi negara yang mempunyai peralatan perang canggih sejak 2011 silam. Rusia berencana akan menghabiskan sebesar USD 87 miliar.

Tujuan negara Rusia ini juga tak main-main. Mereka ingin mengganti 70 persen peralatan militernya dengan senjata modern sampai dengan tahun 2020 mendatang.

Rusia juga masih setia di urutan ketiga di bawah Amerika Serikat dan China sejak 2012 silam.

4. Arab Saudi

Negara onta ini menjadi pusat perhatian dunia militer sejagad. Sebab Arab Saudi yang sebelumnya tak masuk lima besar kini tiba-tiba naik ke posisi empat setelah Rusia.

Arab diketahui telah meningkatkan belanja militernya sebanyak 14 persen dibandingkan 2004. Belanja militernya telah menghabiskan dana sebanyak USD 67 miliar.

Tahun 2012 silam, Arab masih menempati posisi ketujuh dari lima belas negara dunia dengan pengeluaran belanja militer terbesar.

5. Prancis

Prancis harus turun derajat belanja militernya dari Arab Saudi. Sebabnya pada data 2012 silam justru Prancis masih berada di posisi keempat seperti Arab Saudi saat ini.

Penurunan belanja militer Prancis ini disebut sama seperti Inggris, Italia, Brazil, Australia dan Kanada. Tak ada keterangan resmi dari belanja militer milik Prancis, namun pada semenjak tahun 2013 negara ini telah menghabiskan dana sebesar USD 61,2 miliar saja.

Nah, itulah Negara-negara Dengan Belanja Militer Terbesar di Dunia. Semoga menambah wawasan kamu

Advertiser