Senin, 07 April 2014

Bahaya Obat Kumur, Bikin Kamu Kena Kanker Mulut

Cahgalek.com - Tidak jarang para pria setelah merokok sering mengunakan obat kumur untuk menyembunyikan bau, agar nafas tetap segar bila bertemu kekasih. Tapi tahukah kamu akan bahaya obat kumur? Baru-baru ini, para ahli mengeluarkan sebuah peringatan kesehatan, tentang bahaya obat kumur.

Ternyata, penggunaan obat kumur secara berlebihan atau tiga kali lebih dalam sehari dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

"Saya tahu bahwa beberapa orang yang secara teratur merokok atau minum alkohol kemudian menggunakan obat kumur untuk menyembunyikan bau. Tapi saya menyarankan penggunaan obat kumur tidak berlebihan," kata Pemimpin studi Dr David Conway dari University of Glasgow, seperti dikutip dari liputan6.com, Minggu (6/4/2014).

David melanjutkan, beberapa pasien memiliki aliran saliva rendah karena kondisi tertentu atau obat-obatan yang diambilnya. Tapi pada sebagian orang lainnya kesehatan mulut dapat dijaga dengan menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride dan flossing, ditambah rutin check-up oleh seorang dokter gigi. "Kami tidak menemukan adanya peningkatan yang signifikan pada risiko yang terkait dengan penggunaan obat kumur sekali atau dua kali sehari. Tapi alkohol dalam obat kumur diperkirakan untuk membantu zat penyebab kanker seperti nikotin menembus lapisan mulut," jelasnya.

Obat kumur, David menjelaskan, juga dapat menghasilkan zat yang disebut acetaldehyde, karsinogen, yang bisa menumpuk ketika berdesir di sekitar mulut.

Menanggapi hal tersebut, pakar kesehatan dari Lembaga Penelitian Pencegahan dan Pengobatan Sosial di Jerman, Bremen Institute for Prevention Research and Social Medicine in Germany Prof Wolfgang Ahrens mengatakan hasil penelitian ini benar-benar penting. "Sampai sekarang banyak yang belum peduli kanker mulut dan tenggorokan. Sementara rokok dan alkohol paling banyak beredar di kalangan status sosial-ekonomi rendah," kata Wolfgang.

Para peneliti kini mengaku percaya pada bukti yang cukup untuk menerima obat kumur berkaitan dengan peningkatan risiko kanker mulut. Sebelumnya, penelitian yang dipublikasikan dalam Australian Dental Journal pada 2009 juga menunjukkan bahwa obat kumur bisa berisiko kanker mulut.

Advertiser