Rabu, 09 April 2014

Pemilu, Ini Dia TPS Terpanjang di Indonesia

Besok adalah Pemilu legislatif 2014, yuk gunakan hak pilih kamu dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disebutkan dalam undangan pencoblosan.

Ngomong-ngomong soal TPS, kira-kira besok di TPS tempat kamu memilih panjangnya berapa ya?. Apa bisa mengalahkan TPS terpanjang di Indonesia nggak?

Seperti dikutip dari liputan6.com, Tanah Merah Plumpang, tepatnya di RW 07 Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara menjadi TPS terpanjang di Indonesia. Pasalnya, lokasi pemilihan itu menampung 56 bilik suara.

Semua bilik suara berada di TPS 60 sampai 74, yang dibuat berjajar dengan panjang mencapai 140 meter.

Rencananya, rangkaian TPS itu akan ditetapkan sebagai TPS terpanjang di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), pada 9 April besok.

RW ini menjadi lokasi TPS terbanyak karena memiliki 3.150 kartu keluarga. Dari jumlah itu, 7.000 orang di antaranya terdaftar sebagai pemilih.
 
Kendati demikian, diperkirakan hanya sekitar 5.000 orang yang akan memilih. Ketua RW 07 Suaib, mengatakan, 2.000 lainnya kemungkinan tidak bisa memilih karena terlambat mengurus administrasi, dan terpaksa akan memilih di daerah asal.

Menurut Suaib, TPS disatukan untuk memudahkan pengawasan. Juga "untuk menunjukkan warga Tanah Merah mendukung pesta demokrasi," kata Suaib, Selasa (8/4/2014), di Jakarta.

Tanah Merah merupakan salah satu pemukiman terpadat di Jakarta. Wilayah ini dihuni pendatang dari berbagai daerah. Pada hari pencoblosan, di masing-masing TPS terdapat 7 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan 2 petugas keamanan. Selain itu, juga disiapkan 2 posko informasi.

Nah, itulah TPS terpanjang di Indonesia, ditempat kamu memilih berapa meter panjangnya?

Advertiser