Selasa, 08 April 2014

Pengen Awet Muda, Para Wanita China Rela Dibakar Wajahnya

Cahgalek.com - Ada sebagian orang terobsebsi kecantikan dan kemudaan selalu mencari cara untuk menjaga agar kecantikan mereka bertahan selama mungkin. Akibatnya berbagai perawatan mulai dari yang biasa sampai aneh pun dicoba. Salah satunya facial bara api.

Salon-salon kecantikan di China sudah banyak yang menawarkan facial dengan bara api atau Huo Liao, dimana wajah sengaja dibakar dengan api agar awet muda. Itu adalah salah satu bentuk perawatan anti penuaan yang belakangan ini rupanya sedang tren di negara tersebut.

Untuk memulai perawatan ini, wajah ditutupi dengan handuk yang sudah disiram alkohol dan cairan khusus yang ramuannya dirahasiakan. Kemudian handuk tersebut dibakar hingga seluruh wajah yang tertutup handuk terjilat api.

Seperti dikutip dari merdeka.com, perawatan ini diklaim mampu menstimulasi sel kulit, mengatasi kekusaman dengan regenerasi sel kulit mati, dan menghilangkan kerut. Konon bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti obesitas dan pilek.

Tetapi apakah perawatan ini tidak membahayakan bagi keselamatan konsumen? Bagaimana jika wajah benar-benar terbakar?

Menurut juru bicara salah satu salon di China yang menawarkan perawatan ini, facial bara api sama sekali tidak membahayakan jika dilakukan oleh terapis yang sudah berpengalaman. Lagipula cairan spesial yang ikut dituangkan ke handuk bersama alkohol tadi menjadikan wajah terasa hangat saja saat dibakar, bukannya panas.

Tetapi Katie Noble dari medispa Michaeljohn menuturkan, "Perawatan ini tampak sangat berbahaya, jelas merupakan perawatan yang mengkhawatirkan dan belum teruji yang seharusnya membuat konsumen waspada sebelum memutuskan untuk mencobanya."

Sementara itu Jacob Teitelbaum, penulis Real Cause, Real Cure menyampaikan kepada Shine pendapatnya tentang facial bara api. "Jika Anda bertanya apakah saya bersedia mencoba perawatan ini, jawabannya adalah tidak. Meskipun alkohol memang dapat membantu penyerapan ramuan khusus tersebut ke dalam tubuh, tetapi membakarnya dengan api merupakan langkah yang sebenarnya tidak perlu."

Tetapi ada satu teori yang menyatakan kalau khasiat perawatan ini mungkin terletak pada respon adrenalin yang muncul dari tubuh si pasien saat wajahnya dibakar. Tingkat adrenalin yang tinggi mampu mempengaruhi reaksi kimia tubuh, akibatnya proses pencernaan, metabolisme, dan regenerasi sel jadi lebih cepat.

Nah, mungkin itu salah satu facial paling aneh didunia. Jika perawatan yang cukup mengerikan ini mulai ditawarkan di Indonesia, apakah Anda bersedia mencobanya?

Advertiser