Senin, 28 April 2014

Wow, Kota Ini Memiliki 153 Bahasa yang Berbeda

Cahgalek.com - Suatu negara mungkin biasa memiliki lebih dari satu bahasa, salah satunya adalah Indonesia. Walaupun Indonesia memiliki satu bahasa nasional namun hampir disetiap derah memiliki bahasa daerah yang berbeda beda. Namun apa jadinya jika dalam satu kota memiliki bahasa yang digunakan mencapai 153 bahasa?

Sepertinya luar biasa ya? sebab dalam satu kota bisa memiliki lebih dari seratus bahasa. Bahkan sahabat cahgalek.com kota ini hanya memiliki 503 ribu penduduk. Pastinya di kota tersebut ditinggali aneka suku bangsa?

Seperti dikutip dari blog.eazysmart.com, Kota itu adalah kota Manchester, Inggris. (Thinkstockphoto) kota ini juga di nobatkan sebagai  kota paling multikultur per milnya karena memiliki 153 bahasa berbeda. Manchester berhasil mengalahkan beberapa kota besar seperti New York (AS), London (Inggris), dan Paris (Prancis).

Banyaknya bahasa yang di gunakan di kota ini tidak terlepas dari banyaknya warga pendatang yang menetap di kota ini, bahkan masyarakat kota Manchester -disebut Mancunian- mewakili nyaris semua budaya di dunia. Kebanyakan dari pendatang yang menjadi penduduk bertahan pada budaya nenek moyangnya.

Ragam bahasa yang digunakan di Manchester termasuk Chitrali dari utara Pakistan, Konkani dari barat India, Dagaare dari Ghana dan Burkina Faso (Afrika), dan Uyghur dari Cina. Namun, banyaknya penutur bahasa membuat beberapa aspek kehidupan menjadi sensitif. Maka itu ditekankan bentuk komunikasi yang baik di antara mereka.

Dari sisi pariwisata, Manchester menjadi daya tarik tersendiri karena menjadi kota ketiga paling sering dikunjungi pelancong asing di Inggris.

Advertiser