Jumat, 09 Mei 2014

Manfaat Menguap Untuk Kesehatan

Cahgalek.com - Menguap selalu identik dengan mengantuk dan setiap hari semua orang pasti menguap. Tak hanya karena kondisi tubuh yang sudah mengantuk, menguap ini juga memiliki makna tersendiri lho bagi kesehatan tubuh kamu. Namun, tahukah kamu bahwa menguap ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu?

Dalam beberapa penelitian menjelaskan bahwa menguap dapat dijadikan sebagai pendingin otak .

Tim peneliti Universitas Binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita. Artinya, menguap berfungsi untuk “mendinginkan” otak kita.

Bukan hanya dari penelitian ini saja, Andrew Gallup , seorang peneliti dari SUNY College juga mnegungkapkan bahwa otak sama halnya dengan komputer yang lama-kelamaan bila dioperasikan maka komputer tersebut pun akan panas. "Kamu dapat membayangkan bahwa otak manusia ialah seperti komputer. Otak akan berfungsi maksimal ketika bersuhu dingin. Oleh karena itu ketika otak  terasa panas, maka dinding posterior akan melentur dan sistem ventilasi sinus dan kamu akan bergerak aktif yang kemudian akan membuat otak menjadi lebih dingin. Dengan menguap maka akan terjadi pergantian udara di dalam tubuh dan suhu otak akan menurun," Ungkap Andrew, seperti yang dilansir dari merdeka.com (9/5/2014)

Pada dasarnya otak merupakan salah satu organ terpenting yang berfungsi sebagai pengatur seluruh tubuh manusia yakni mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Itulah kenapa bila kamu jangan ragu untuk menguap?

Dalam proses mendinginkan otak, ketika kita menguap maka akan terjadi peningkatan aliran darah ke leher, wajah, dan kepala. Kemudian cairan di tulang belakang dan darah dari otak akan meningkat, dan mnegalami perukaran suhu yang kemudian otak akan menjadi dingin.

Sesekali menguap tidak menjadi masalah, namun bila kamu menguap secara berlebihan itu tandanya tubuh kamu perlu beristirahat agar otak kembali  refresh .

Untuk itu, ketika mneguap berlebihan, tidurlah sejenak agar ketika kamu bangun tubuh menjadi segar kembali.

Advertiser