Senin, 28 Juli 2014

Keren! Lift Khusus Pesepeda Saat Melewati Jalan Menanjak

Cahgalek.com - Saat bersepeda, kadang kita kesulitan saat harus menggowes di jalan yang menanjak. Tapi ada yang unik Kota Trondheim di Norwegia karena ada lift khusus pesepeda yang kesulitan saat melawati jalan menanjak.

Seperti dilansir merdeka.com, Kota Trondheim menjadi kota pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki lift khusus untuk membantu pesepeda melewati jalan menanjak. Lift itu disebut Trampe.

Trampe pertama kali dibuka pada tahun 1993, dan dengan cepat mengubah Trondheim menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi para pesepeda. Ada lebih dari 200.000 pesepeda yang telah menggunakannya untuk menaiki tanjakan sejauh 130 meter. Sejauh ini, tidak ada kecelakaan yang dilaporkan terkait penggunaan alat tersebut.

Pada tahun 2012, lift lama dibongkar dan diganti dengan versi yang lebih canggih pada tahun 2013, yang disebut CycloCable. Dalam hal fungsi, CycloCable mirip dengan lift ski. Untuk menggunakan CycloCable, pesepeda harus memencet keycard ke dalam slot khusus dan kemudian menekan tombol hijau di stasiun pemberangkatan.

Pengguna hanya tinggal menunggu footplate. Setelah footplate itu datang, pesepeda hanya perlu berdiri di sepedanya dan menempatkan kaki kanannya pada pelat logam. Terakhir, pengguna harus menumpukan berat badannya pada kaki kanannya.
Setelah kaki pengguna berada pada tempat yang tepat, peluncur di stasiun awal akan membawa pengguna naik dengan kecepatan sampai 2 meter per detik. Namun, lift ini hanya bisa melayani maksimal 300 pesepeda per jam.

Untuk saat ini, Trondheim adalah kota pertama di dunia yang memiliki Cyclocable. Namun, perusahaan Prancis yang menemukan sistem tersebut - Poma Group - berencana akan memperkenalkan Cyclocable kepada kota-kota lain di seluruh dunia.

Banyak kota di Eropa, Asia dan Amerika Utara telah menyatakan minatnya terhadap sistem itu, tetapi Poma ingin menguji stabilitas CycloCable sebelum mereka memutuskan untuk menyebarkannya.

Advertiser