Selasa, 05 Agustus 2014

Inilah Sosok Pria di YouTube yang Ajak WNI 'Hijrah' ke ISIS

Cahgalek.com - Sosok pria dengan sorban hitam serta dikelilingi pria-pria yang menyangkong AK-47 dalam video berjudul Join the Ranks di situs berbagi video Youtube tiba-tiba membuat geger media Indonesia sepekan terakhir.

Video Join the Ranks  yang berdurasi delapan menit itu diunggah akun Jihadology pada 22 Juli 2014. Dalam video itu pria bersorban hitam mengajak warga negara Indonesia untuk ber-baiat dan memberikan dukungan untuk Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Kapolri Jenderal Sutarman, Senin (4/8) kemarin, menyebut pria itu berinisial B.

Eks Juru Bicara Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Ahmad Fatih menyebut pria itu adalah Bahrunsyah. "Saya pernah melihat tapi tidak mengenalnya. Tahu muka saja," kata ustadz Fatih, Selasa (5/8/2014), seperti dikutip dari detik.com.

Fatih menampik Bahrun merupakan bagian dari tandzim (kelompok) JAT. "Yang saya tahu dia kelompok pengajian Ustad Aman (Abdurahman)," kata Fatih.

Ustadz Aman saat ini menghuni Lapas Kembang Kuning Nusakambangan karena terlibat dalam I'dad (pelatihan) militer di pegunungan Janto, Aceh. Penjara bagi ustadz Aman adalah bukan yang pertama. Tahun 2004 dia ditangkap atas tudingan pelatihan militer di Cirebon dan kepemilikan bahan peledak.

Sosok Aman yang kerap menyuarakan tauhid ini dibebaskan tahun 2008 dari Lapas Cirebon. Dua tahun menghirup udara bebas, dia kembali dijebloskan di penjara setelah Densus 88 menangkapnya di kediamannya di Sumedang, Jabar.

Sumber lainnya di kalangan gerakan Islam tidak begitu mengenal Bahrunsyah. Dia hanya tahu bahwa Bahrun tinggal dan menetap di sekitar Ciputat.

"Kalau kuliah di mana saya tidak tahu, termasuk keluarganya," kata sumber tersebut.

Advertiser