Sabtu, 18 Oktober 2014

7 Alasan Kenapa Senyum Itu Penting

Cahgalek.com - Senyum merupakan gerak reflek bibir yang mengungkapkan rasa senang, kebahagiaan sekaligus sebagai tanda kamu mau bersosialisasi dengan orang lain.

Hanya dengan satu ekspresi ini saja, kita sudah bisa menciptakan banyak hal positif, bukan hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri kita sendiri. Jadi jangan pelit-pelit bagikan senyum manis kamu, karena ada banyak manfaat hebat dengan menyunggingkan bibir ini.

Oleh karena itulah kamu perlu tersenyum setiap hari. Jangan lewatkan harimu tanpa satu senyuman pun. Mau tahu kenapa? Inilah 7 alasan kenapa senyum itu penting.

1. Merasa lebih bahagia

Salah satu alasan kenapa senyum itu penting yaitu tersenyum bisa membuatmu bahagia. Ini merupakan fakta yang sudah dibuktikan dengan penelitian. Sebuah penelitian pada tahun 1984 yang dikutip situs Spark People menyebutkan kalau tubuh kita terhubung dengan pikiran.

Ketika seseorang menggerakkan anggota tubuhnya untuk menciptakan ekspresi tertentu, bagian tubuh yang lain akan memproduksi reaksi fisiologis sesuai dengan emosi yang diwakili oleh ekspresi tadi.

Saat kamu tersenyum, otakmu akan mendapatkan sinyal kalau kamu sedang bergembira, dan sebagai respon ia akan memerintahkan produksi hormon endorphin (hormon yang membuat seseorang merasa gembira).

Jadi dengan tersenyum saja kamu sudah membuat pikiranmu otomatis bahagia. Saat sedang suntuk pun, tersenyum bisa membantumu mendapatkan kembali mood positif.

2. Membuat kamu jadi terlihat menarik

Senyuman itu termasuk ekspresi wajah yang paling menarik untuk dilihat, lho. Siapapun akan terlihat lebih menarik secara fisik saat sedang tersenyum.

Menurut studi Skotlandia pada tahun 2011 di Face Research Laboratory  menunjukkan bahwa pria dan wanita lebih tertarik pada gambar dari orang-orang yang melakukan kontak mata dan tersenyum.

3. Membuat orang lain senang

Tersenyum tidak cuma bisa membawa efek positif bagi tingkat emosimu. Dengan tersenyum kamu juga bisa membuat orang lain jadi gembira. Dengan satu senyuman kita bisa menularkan aura positif kepada orang lain. Itulah salah satu alasan kenapa senyum itu penting manfaat menakjubkan ya bisa membuat orang senang.

4. Mengurangi stres

Salah satu manfaat senyum yaitu mengurangi stres. Senyum akan mengaktifkan neuropeptida yang berperan melawan stres. Hal ini akan mengurangi kortisol, - hormon stres - sehingga membuat Anda merasa jauh lebih santai.

5. Membuatmu lebih mudah bergaul

Kamu pasti sering merasa canggung saat hendak menyapa seseorang yang baru kamu kenal. Tetapi begitu orang tersebut tersenyum, kamu jadi lebih pede untuk memulai pembicaraan.

Senyuman adalah tindakan sederhana namun efektif untuk menyingkirkan hambatan psikologis dalam interaksi antar manusia. Kalau kamu ingin punya banyak teman, rajin-rajinlah tersenyum. Itu bisa menghilangkan rasa segan atau canggung orang lain terhadap kamu.

6. Sosok yang ramah

Senyum diartikan sebagai tanda keterbukaan, kepercayaan serta keramahan seseorang. Bahkan, suara orang yang tersenyum di telepon bisa dirasakan yang akan membawa dampak positif bagi yang mendengarnya.

7. Mengurangi Nyeri

Ternyata dengan kamu tersemyum bisa mengurangi Nyeri. Sifat penghilang rasa sakit alami, endorfin, bisa dirangsang dengan tersenyum dan tertawa.

Itulah 7 alasan kenapa senyum itu penting. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Advertiser