Rabu, 08 Oktober 2014

Bahaya Kecanduan Berkirim Pesan

Cahgalek.com - Di era modern kita dimudahkan untuk saling bertegur sapa dengan keluarga, sahabat, pacar atau mungkin orang yang baru kamu kenal.
Banyak sekali aplikasi berkirim pesan, gambar, video yang makin canggih. Seperti Beetalk, WhatsApp, BBM, Line dan masih banyak aplikasi pesan lainnya yang memudahkan kita untuk bertegur sapa.

Mudahnya berkirim pesan dalam genggaman membuat banyak orang aktivitasnya berubah. Aplikasi pesan membuat beberapa orang kecanduan, dan bahkan mereka kurang tidur lho..

Mungkin seperti itu pernah mengalami, seperti berlama-lama chatting dengan teman. Bahkan saat hampir tertidur kembali terbangun untuk membalas pesan seru teman di penjuru tempat yang berbeda. Dampaknya, hal itu membuat kamu kurang tidur.

Fakta di atas yang ditemukan dalam studi kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Popular Media Culture. Studi yang melibatkan 83 mahasiswa ini mencoba menganalisis bagaimana kualitas tidur, seberapa banyak mengirim dan menerima pesan. Seperti dilansir Today pada Senin (6/10/2014), mereka yang banyak berkirim pesan kualitas tidurnya buruk.

Kualitas tidur yang buruk bisa membuat emosi yang tak stabil, meningkatkan risiko kanker dan stroke, hingga membuat obesitas dan diabetes. Oleh karena itu, saat tidur disarankan untuk menjauhkan ponsel dari tempat tidur.

Sehingga saat ada dering pesan dari teman yang mengajak bercerita kamu tak terbebani untuk membukanya dan kamu terhindari dari kurang tidur.

Advertiser