Selasa, 07 Oktober 2014

Berkat Tinja Kakaknya, Nyawa Bocah ini terselamatkan

Cahgalek.com - Berkat tinja kakaknya nyawa Michael Ham, bocah 3 tahun dari Texas terselamatkan. Ham sudah berbulan-bulan mengalami dehidrasi, muntah dan diare, menurut dokter yang menanganinya, usus bocah ini digerogoti bakteri Clostridium difficile.

"Clostridium difficile adalah bakteri jahat yang hidup dalam ususnya. Kondisinya ini disebut CDiff. Sayangnya, ini bukan berita baik karena bakteri tersebut telah menyebabkan 30.000 kematian per tahun," kata dr Sai Rangwalla, MD, seorang gastrologi dari pediatrik di Dell Medical Center, seperti dikutip dari liputan6.com, Senin (6/10/2014).

Awalnya, dokter mulai mempertimbangkan mengoperasi usus tapi kemudian ia ingat dua kasus transplantasi tinja yang pernah dilakukan di RS setempat. "Dalam kasus ini, kami menggunakan kotoran kakaknya. Ajaibnya, itu berhasil dan Ham dapat disembuhkan," kata Rangwalla.

Dokter melaporkan, kasus CDiff dan transplantasi tinja diperkirakan meningkat karena terlalu sering menggunakan antibiotik, sabun antibakteri, dan pembersih tangan.

Dokter sendiri merekomendasikan membatasi penggunaan itu semua dan rutin mengonsumsi sayur-buah serta probiotik jika Anda mengonsumsi antibiotik.

Advertiser