Jumat, 17 Oktober 2014

Jokowi Jadi Sampul Majalah TIME, Medsos Heboh

Cahgalek.com - Presiden terpilih Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi akan menjadi sampul majalah terkemuka di Amerika Serikat. Wajah Jokowi akan menghiasi halaman depan majalah TIME edisi 27 Oktober ini.

Halaman depan majalah itu dengan judul headline berbunyi, "A New Hope" atau "Sebuah Harapan Baru". Seperti dilansir detik.com dari TIME, Kamis (16/10/2014), Jokowi disebutkan sebagai presiden yang menjadi harapan baru bagi Indonesia.

Kepada wartawan TIME Hannah Beech yang mewawancarainya, Widodo begitu TIME menulisnya, menyebut bahwa orang-orang khawatir dengan dia karena selalu blusukan. "Saya selalu mengecek. Saya ingin orang takut karena ada sidak, dan kemudian mereka akan mendengar instruksi," jelas Jokowi.

"Ekspestasi orang-orang sangat tinggi. Itu berbahaya buat saya, jika saya tidak bisa mewujudkan apa yang mereka inginkan, apa yang saya janjikan," tutur Jokowi kepada wartawan TIME.

TIME menulis bahwa Jokowi akan memimpin Indonesia, negara nomor empat dengan jumlah penduduk terbanyak. Sebuah negara demokrasi yang memiliki kekayaan alam melimpah dan negara dengan populasi muslim terbanyak di planet bumi.

Hal tersebut tak pelak menimbulkan kehebohan di kalangan pengguna media sosial Indonesia. Banyak orang yang sibuk berbagi gambar sampul berisi foto mantan Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi itu. Berbagai komentar di Twitter, Facebook, dan Path pun ikut terlontar. "Cover TIME minggu ini, Jokowi: A New Hope. Cover TIME minggu depan, Prabowo: The Empire Strikes Back," demikian cuit seorang pengguna Twitter bernama @kamentrader, mengacu pada pemilihan headline yang mirip dengan judul film pertama pada trilogi Star Wars Original.

Sutradara film, Joko Anwar, pun ikut menuliskan cuitan di akun Twitter-nya, "Presiden kita yang ketujuh. I belive in him," sambil menyertakan foto cover Time edisi Jokowi.

Beberapa netizen ada yang secara khusus menanggapi wajah Jokowi. "Aku kok merinding ya lihat Jokowi di sampul muka majalah TIME," cuit Aisyah Hilal. Ada juga yang mencuitkan senang dengan foto Jokowi tersebut karena menampilkan sosok Jokowi yang tulus dan jujur.

Di Facebook, seorang pengguna mengomentari wajah Jokowi terlihat lebih tua dan kelihatan tambah banyak rambut putihnya ketimbang saat menjadi gubernur DKI.

Sementara itu, di Path, seorang pengguna membagikan cover Time ini sambil menulis, "Harapan bagi orang tampang ndeso yang bercita2 jadi Presiden."

Cover Time dimaksud memang menampilkan close-up wajah Jokowi. Dalam foto jepretan Adam Ferguson itu, tatapan mata Jokowi yang lurus ke arah depan dan raut muka yang dibuat agak kaku menyiratkan ketegasan.

Advertiser