Selasa, 28 Oktober 2014

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan yang Tidak Pernah Lulus SMA

Cahgalek.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan susunan menteri yang akan bekerja di bawah kabinetnya. Kabinet Jokowi ini diberi nama "Kabinet Kerja". Salah satu nama terpilih adalah Susi Pudjiastuti yang dipercaya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019. Inilah profil dan biodata Susi Pudjiastuti.

Susi Pudjiastuti (lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965; umur 49 tahun) adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Susi Pudjiastuti adalah potret perempuan pekerja keras yang merintis upaya dari titik terbawah. “Beliau (Susi Pudjiastuti) memulai usaha dari jualan ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan),” ungkap Presiden Jokowi saat memperkenalkan sosok Susi Pudjiastuti.

Ya, wanita yang lahir pada tanggal 15 Januari 1965 ini pernah bekerja di tempat pelelangan ikan di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, yang juga menjadi tanah kelahirannya, saat masih remaja. Bahkan, saat itu Susi Pudjiastuti memilih droup-out dari SMA demi menekuni pekerjaannya.

Berkat keuletan dan ketekunannya, Susi Pudjiastuti menjelma menjadi pengusaha ekspor ikan dengan omzet milyaran rupiah tiap bulan. Ia memegang peranan sebagai Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan yang mencapai pasar Asia dan Amerika.

Istri dari lelaki Jerman bernama Christian von Strombeck ini juga pendiri maskapai penerbangan Susi Air. Susi Pudjiastuti juga membuka sekolah pilot bernama Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Anak perempuan juragan sapi bernama Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah yang berasal dari Jawa Tengah ini telah menerima banyak penghargaan, di antarnya adalah Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden RI.

Kemudian, Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005, Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo, Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2009, dan masih banyak yang lainnya.

Tak Lulus SMA, Susi Di-bully di Twitter

Nama Susi Pudjiastuti mendadak jadi pembicaraan netizen sejak dia terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Selain penampilannya yang nyentrik saat pengumuman kabinet, latar belakang pendidikan bos Susi Air itu juga mendapat sorotan. Sebab, Susi tidak tamat SMA.

@JusDalle berkicau, “Program pertama Menteri Kesehatan, menghentikan kebiasaan tdk sehat Menteri Perikanan & Kelautan yg katanya perokok berat. Lucu ini.”

@Agoeswidjaja berkicau, “Menteri perempuan merokok di depan publik, bisa kontra produktif dg ‪#revolusiMental”

@roberthfuad berkicau, “Susi, sang menteri. Merokok di saksikan seantero negeri. Oh, jokowi. Inikah kualitas yang kau janjikan pada kami?”

@adhianpatria berkicau, “Ibu Susi Pudjiastuti, tamatan SMP, nyentrik ga suka pake bra, merokok. Woooow! Salut keren, GO kabinet kerja!"

@andrizalmxp berkicau “Bukan contoh yg baik RT‪@ibnupurna: Susi, Menteri Nyentrik Gemar Merokok dan Punya Tato”
@pkspiyungan berkicau "Bu Menteri aja merokok dan bertato..."

@02tanggulang berkicau, “Juga Tidak Pake Bra ‪@freddy_ggmu: Jadi Menteri, Susi: Saya Mungkin Tidak Berpendidikan, Tapi Saya Profesional”

@bagimu_nkri1945 menulis, “Smg suatu saat nanti sy bs "Naik Susi", Susi Air ‪#Eh "Mengupas Menteri Kelautan Yang Tak Doyan Pakai Bra"”

@damnoise berkicau, “Bagi gue, tato,cuma lulus smp, ngroko, ngga menarik. Yg bikin gue penasaran, kebiasaan bu susi yg ndak pake bh ini.”

@chripstory berkicau, “.‪@M4ngU5il's ""Sedapnya Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti Memiliki 3 Suami Bule" by .." enters lunch talk. ‪http://chirpstory.com/li/236147”

@TM2000Back berkicau,“Menteri Susi Dikabarkan Pernah Kemplang Utang Rp 34 M ‪http://shar.es/100lZ5  lewat ‪@sharethis”

@romeogadungan berkicau, “Karena gak tau mau nyerang lagi, pkspiyungan menyerang Menteri Susi yg merokok dan punya suami bule :))

@andrirusta berkicau, “Oo karena ibu Susi gak tamat sma, punya suami 3, Perokok, pake tato. Trus gak boleh jadi menteri?”

“Kamu cuma lulusan SMP? Jangan minder, ada yang jadi menteri di #KabinetKerja,” tulis @angtekkhun.

Aktifis 1998, Fadjroel Rahman tak sepakat jika latar belakang pendidikan dipersoalkan. “Wapres Adam Malik malah cuma SD,” kata Fadjorel dalam akun twitter miliknya @fadjroeL.

Hal yang sama diutarakan oleh mantan aktor yang kini anggota DPR Dede Yusuf. “Ibu Susi Pudjiastuti beri inspirasi sukses. Ijazah SMP bukan halangan tuk gapai mimpi terbaik. Syaratnya fokus, kerja keras & ulet,” kata Dede dalam akun twitternya @dedeyusuf_1.

“Perempuan, nggak selesai SMA, bisa jadi seperti bu Susi sekarang itu justru membuktikan betapa luar biasanya dia. S3 sukses mah ya biasa,” katanya.

“Susi jauh lebih hebat, daripada sarjana yang kaya dari hasil merampok uang negara,” tutur @asevmuslimovic.

Tak hanya itu, sikap Susi yang merokok sesaat setelah pengumuman kabinet juga mendapat sorotan negatif dari para netizen. Dia juga diketahui memiliki tato di tubuhnya. Hal ini membuat netizen menyebutnya artis di Kabinet Kerja.

Meski demikian, dia tetap mendapat tempat di mata masyarakat berjat jasa-jasanya. “Si Susi yg jd Menteri itu di Papua berjasa Bro, doi sediakan pswt tuk kepedalaman, meski rada mahal ye. Tp mantap lah,” tulis @amir_alrahab.

Advertiser