Minggu, 19 April 2015

4 Negara yang Hackernya Ditakuti Amerika

Cahgalek.com - Amerika Serikat mungkin pantas disebut nomor satu dalam Aksi hacking atau peretasan. Hacker sendiri dibagi menjadi dua kelompok hacker yaitu Black-hat Hackers dan White-hat Hackers. Black-hat Hackers adalah mereka yang sangat dekat dengan kejahatan elekronik. Sedangkan White-hat Hackers adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengembangkan dunia teknologi informasi dengan sistem komputer. [Baca : 4 Kelompok Hacker Paling Ditakuti di Dunia]

Kali ini cahgalek.com akan mengulas empat negara yang hackernya ditakuti Amerika. Amerika ternyata juga takut saat menghadapi serangan hacker negara lain. Kekhawatiran itu diungkapkan Direktur intelijen Nasional Amerika, James Clapper. James mengungkapkan 4 negara yang ditakuti berpeluang besar bakal menyerang habis-habisan negaranya.

Seperti dilansir merdeka.com, Berikut adalah 4 negara yang hackernya ditakuti Amerika Serikat.

1. China

Para hacker China sering melancarkan serangan hacking ke Amerika. Tak hanya Amerika saja, hacker China juga paling ditakuti di dunia. James mengatakan bila hacker China tidak sungkan-sungkan untuk menggunakan cara kasar dalam membobol jaringan komputer korban mereka.

Salah satu bukti kedahsyatan hacker China terjadi minggu lalu, saat perusahaan penyedia layanan hosting international asal Amerika, GitHub mengaku mengalami serangan terparah dalam sejarah Amerika akibat ulah hacker Negeri Tirai Bambu.

2. Rusia

China boleh saja sering melancarkan serangan hacking ke Amerika, namun hacker Rusia bisa dibilang lebih berbahaya. Rusia dipercaya sedang membangun sebuah pasukan cyber skala besar.

Menurut James, serangan hacker Rusia diyakini lebih besar, mematikan, dan canggih dari China. Mereka diduga akan melakukan aksi hacking untuk melancarkan propaganda atau sekedar menanamkan virus terbaru ke jaringan internet global.

3. Iran

Ternyata tidak hanya persoalan nuklir Iran saja membuat Amerika berkeringat dingin, sebab hacker negara Timur Tengah ini juga sama berbahayanya.

Beberapa laporan badan keamanan internet menyebutkan bila hacker Iran ada di balik serangan virus DDoS pada lembaga-lembaga keuangan Amerika di tahun 2012 dan 2013.

4. Korea Utara

Sejak lama Korea Utara telah dicurigai tengah mengumpulkan hacker terbaik dari kalangan mahasiswa dan akademisi mereka untuk bertahan dari serangan hacker negara lain sekaligus melakukan serangan balasan.

Mungkin masih sangat segar di ingatan saat beberapa waktu lalu hacker Korea Utara menyerang Sony sebagai reaksi atas munculnya film action komedi Hollywood, 'The Interview', yang memperlihatkan sosok presiden Korea Utara.

Bagi Direktur intelijen Amerika itu, aksi-aksi hacking yang dilancarkan oleh Korea Utara sampai saat ini masih dilatarbelakangi tujuan politik. Namun, hacker Korea Utara masih menjadi salah satu ancaman terbesar Amerika.

Nah, itulah 4 Negara yang hackernya ditakuti Amerika.

Advertiser