Selasa, 28 April 2015

5 Hal yang Terbukti Bisa Buat Pernikahan Bahagia Sampai Tua

Cahgalek.com - Setiap pasangan pasti sangat menginginkan pernikahan yang bahagia sepanjang masa. Tapi, tidak sedikit pasangan yang mengalami pernikahan yang kurang bahagia. Tapi banyak juga pasangan yang dapat menikmati kebersamaannya hingga usia senja.

Banyak penelitian dilakukan oleh para ahli, apa yang menjadi kunci menuju pernikahan sukses. Berikut ini lima hal terbukti bisa bikin perkawinan bahagia berdasar penelitian, seperti dikutip dari merdeka.com

1. Pujalah pasanganmu

Pujalah pasanganmu, seperti wanita terhebat yang pernah kamu temui di muka bumi. Meskipun pasangan kamu tidak semolek Angelina Jolie atau Scarlett Johansson, cobalah untuk menjadikan dirinya sebagai sosok ideal yang kamu cari dalam hidup.

Menurut hasil penelitian yang dilansir Livescience, orang-orang yang bisa menjunjung dan mempertahankan ilusi positif tentang pasangan mereka (dengan kata lain memuja pasangan) cenderung lebih baik dalam memelihara kedekatan emosional dan kebahagiaan dalam pernikahan.

2. Katakan "Kita" dan "Kami"

Menggunakan kata 'kita' dan 'kami' saat mendeskripsikan diri Kamu dan pasangan ternyata bisa meminimalisir perilaku negatif saat bertengkar. Ini adalah semacam sugesti positif yang bisa merekatkan ikatan emosional antara Anda dan pasangan.

3. Kebiasaan konsumsi yang sama

Sebuah penelitian dilakukan oleh Scott Rick dari University of Michigan Ross School of Business bersama rekan-rekannya untuk mengungkap hal apa saja yang bisa menjamin kelanggengan dan kesuksesan sebuah pernikahan. Penelitian itu melibatkan 1.000 orang dewasa yang sudah menikah dan belum menikah.

Mereka menemukan bahwa orang cenderung memilih pasangan yang memiliki kebiasaan konsumsi yang berlawanan dengan diri sendiri. Dan perbedaan ini cenderung melahirkan konflik dalam hubungan.

Pasangan yang memiliki kebiasaan konsumsi sama cenderung jarang bertengkar, terutama dalam masalah finansial. Bahkan pasangan yang sama-sama boros pun tercatat lebih jarang bertengkar daripada pasangan yang boros dan hemat.

4. Melakukan kegiatan yang disukai bersama-sama

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Marriage and Family menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama dengan pasangan sejalan dengan kepuasan dalam pernikahan. Dengan catatan, kegiatan yang dilakukan harus disukai suami dan istri.

5. Sering berhubungan seksual

Michelle Russell dan James McNulty dari University of Tennessee mengatakan kalau sering berhubungan seksual bisa memperbaiki kualitas hubungan pada pasangan yang mudah cemas.

Menurut hasil penelitian mereka, suami-istri dengan gangguan kecemasan yang sering berhubungan seksual cenderung lebih puas dengan pernikahan mereka daripada pasangan dengan gangguan kecemasan yang relatif jarang berhubungan seksual.

Nah, itulah 5 hal yang menurut hasil penelitian bisa menjadikan pernikahan lebih bahagia.

Advertiser