Sabtu, 06 Agustus 2016

5 Tips Sukses Berbisnis ala Nabi Muhammad SAW

Cahgalek.com - Dalam lingkungan sekitar, kita sering menjumpai bila seorang pebisnis biasanya memiliki harta yang lebih banyak dibandingkan para pekerja lainnya. Dalam Islam, ternyata berdagang atau berbisnis merupakan cara yang paling dianjurkan dalam memperoleh rezeki.
Dibawah ini, ada beberapa prinsip Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu terapkan agar kamu meraih kesuksesan. Inilah tips sukses berbisnis ala Nabi Muhammad SAW seperti dikutip dari merdeka.com

1. Cari rezeki dengan berdagang

Perlu kamu ketahui, sebagian besar orang terkaya dunia saat ini merupakan pengusaha atau wirausahawan.

Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya mencari rezeki dengan cara berdagang. Cara ini bisa kamu tiru sebagai salah satu langkah mencapai kesuksesan besar.

Nah, jika saat ini kamu masih bekerja sebagai karyawan, cobalah untuk memupuk rasa dan insting wirausaha yang dimiliki dengan menjalankan bisnis sampingan skala kecil.

2. Lebih baik ambil untung sedikit

Nabi Muhammad SAW selalu mengambil untung sedikit atau sewajarnya dalam berbisnis, Hal ini juga bisa kamu tiru. Sebab, jika kamu berambisi untuk terus mengambil untung terlalu besar, maka produk bakal sulit laku.

Tapi bila kamu mengambil untung sewajarnya, kamu bisa membuat banyak orang lebih tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang yang kamu jual. Kalau banyak orang membeli produk kamu, maka keuntungan yang dicapai juga semakin besar. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan menjual dengan untung besar tetapi hanya laku sedikit.

3. Ketahui peruntukan setiap pengeluaran

Dalam islam, tiap umat dituntut benar-benar mengetahui untuk apa saja uang atau harta miliknya dipergunakan.

Maka dari itu, buatlah rencana belanja dengan teliti. Cek kembali apakah kamu benar-benar butuh mengeluarkan untuk keperluan tersebut. Sebab, menjadi suatu kemudharatan apabila harta dipakai untuk kenikmatan dunia secara berlebihan.

4. Tidak besar pasak daripada tiang

Di zaman sekarang, mungkin kamu sering mendapati banyak orang yang punya utang terlalu banyak hingga tidak bisa membayarnya. Biasanya hal itu dikarenakan mereka mengutamakan gengsi dan gaya hidup. Sebenarnya utang tidak apa, selama tak berlebihan tentunya.

Nabi Muhammad SAW adalah bijak mengelola uang. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, alias besar pengeluaran daripada pemasukan. Bila kamu pengen sukses jangan besar pasak daripada tiang.

5. Tak lupa berbagi

Nabi Muhammad SAW sebagai panutan umat muslim di seluruh dunia, mengajarkan untuk saling berbagi. Sebab, dalam hukum Islam setidaknya 2,5 persen dari harta yang ada pada dirimu saat ini merupakan milik orang lain yang lebih membutuhkan seperti anak yatim, dan fakir miskin.

Menariknya, menurut penelitian dari Harvard Business School semakin banyak orang bersedekah maka semakin bahagia orang tersebut. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk rutin bersedekah dari setiap pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya.

Nah itulah tips sukses berbisnis ala Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat..

Advertiser